3 Strategi Praktis Untuk Berinteraksi Dengan Audience
30 September 2016
3 strategi praktis untuk berinteraksi dengan audience_display_60

Presentasi merupakan media yang digunakan untuk menyampaikan pesan kepada audience. Untuk memastikan pesan yang kita sampaikan dapat diterima, maka kita perlu menggunakan cara efektif yang mudah diterima oleh audience.

Hal sederhana yang perlu diingat tentang audience, ternyata mereka memiliki titik jenuh yang sangat cepat munculnya. Jika tak mampu mengendalikan, bisa jadi audience Anda akan merasa bosan.

Untuk tampil menarik ternyata tak sulit. Cara paling mudah adalah dengan melakukan interaksi dengan audience. Adanya interaksi membuat audience merasa dihargai dan suasana presentasi pun semakin hidup. Tentu hal itu membuat presentasi Anda menjadi menyenangkan bagi audience.

Dalam tulisan ini, saya akan berbagi 3 strategi praktis bagaimana melakukan interaksi dengan audience. Check it out guys!

1.    Memberikan Pertanyaan

Strategi pertama yang bisa Anda lakukan untuk membuat interaksi adalah dengan memberikan pertanyaan. Dengan pertanyaan, tentu audience akan memberikan respon dari pertanyaan yang diajukan. Agar semakin hidup, berikanlah pertanyaan terbuka yang jawabannya akan panjang. Hal itu akan membuat diskusi semakin menarik.

2.    Meminta Pendapat

Strategi kedua yang bisa Anda gunakan adalah dengan meminta pendapatnya audience. Dari materi yang Anda sampaikan, cobalah minta pendapat kepada audience terkait materi yang Anda sampaikan. Apa pun yang audience sampaikan terima saja, selanjutnya Anda tinggal arahkan setiap pendapat yang audience berikan.

3.    Melibatkan dalam Aktivitas

Strategi ketiga yang bisa Anda lakukan adalah dengan melibatkan audience dalam aktivitas yang akan dilakukan. Jika strategi sebelumnya membutuhkan daya pikir yang oke, maka strategi terakhir ini tidak terlalu membuat audience berpikir. Biasanya cenderung enjoy. Aktivitas yang dilakukan bisa berupa permainan, simulasi atau praktek. Buatlah aktivitas yang berkaitan dengan materi yang Anda sampaikan. Selain audience terlibat, adanya aktivitas membuat materi yang Anda sampaikan semakin mudah untuk dipahami.

Melakukan interaksi dengan audience itu gampangkan? Jadi jangan keasikan sendiri untuk terus berbicara, ingat ada audience yang perlu dilibatkan. Oia, jika Anda punya cara lain untuk berinteraksi, feel free buat berbagi yah. Langsung komen aja biar pengetahuan saya semakin bertambah.

Moga-moga tulisan ini bermanfaat dan membuat presentasi Anda semakin menarik dan audience semakin senang terlibat. Selamat mencoba.

Kindly regards,

Fauzi Noerwenda

Trainer Public Speaking


 
Sukseskan
karirmu
dengan
GPSS
Sampaikan Pesan Anda
Di Sini
"“Berbagi merupakan salah satu keindahan dalam hidup, dan dengan keberanian kita dapat berbagi lebih banyak lagi”"
Fajar Arief P.