3 Tips Menjadi Moderator yang menyenangkan
26 August 2016
Moderator_display_56

Moderator merupakan orang yang berperan dalam memandu jalannya diskusi. Biasanya moderator hadir dalam sesi acara yang melibatkan banyak pembicara, seperti talk show atau diskusi panel.

Bagi yang belum terbiasa menjadi seorang moderator, tentu hal tersebut menjadi tantangan tersendiri. Apalagi dihadapkan dengan banyak pembicara yang sangat profesional.

Munculah berbagai macam pertanyaan, langkah praktis untuk menjadi moderator yang menyenangkan itu seperti apa?

Hal mendasar yang perlu dipahami adalah peran seorang moderator. Pada prinsipnya moderator adalah orang yang memandu jalannya diskusi dari awal pembicara masuk hingga selesai. Selama prosesnya, moderator perlu menguasai tekniknya agar mampu memandu dengan menyenangkan.

Dan inilah tiga tips praktis untuk menjadi moderator yang menyenangkan.

 

1.    Pahami alur acara

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memahami alur acara yang akan berlangsung. Kapan moderator mulai masuk, siapa pembicara yang akan tampil serta detail waktu yang akan terjadi selama acara. Upayakan Anda sebagai moderator memahami semua alur tersebut. Hal itu akan membuat Anda semakin enjoy memandu jalannya diskusi.

 

2.    Pahami Materi

Sebagai moderator yang baik, Anda perlu memahami materi yang akan berlangsung. Semakin paham dengan materi acara, Anda akan semakin mudah memandu acara. Namun saat Anda belum memahami materi, Anda akan kesulitan saat memandu. Bahkan bila perlu Anda lakukan breafing dengan para pembicara sebelum mereka tampil. Buat script pertanyaan atau inti yang akan mereka sampaikan. Itu akan sangat memudahkan.

 

3.    Bangun Interaksi

Hal selanjutnya yang sangat penting adalah membangun interaksi dengan pembicara dan peserta. Sangat sering terjadi suatu diskusi menjadi hampa hanya karena moderator yang tampil dingin dan tidak interaktif. Tugas Anda adalah membangun interaksi dengan peserta dan pembicara. Bangun kedekatan saat perkenalan atau saat sesi tanya jawab. Semakin cair suasana acara, maka jalannya diskusi akan menyenangkan.

Menjadi moderator yang menyenangkan itu mudah kok. Tinggal bagaimana Anda mampu memandu dengan menyenangkan. Silahkan Anda coba tiga tips tadi untuk memulai perjalanan Anda sebagai moderator. Selamat berlatih.

 

Kindly regards,

Fauzi Noerwenda

Trainer Ganesha Public Speaking


 
Sukseskan
karirmu
dengan
GPSS
Sampaikan Pesan Anda
Di Sini
"Saya merasakan banyak perubahan positif yang saya lakukan dan alami setelah belajar di GPS dan praktikkan terus sampai hari ini. Sebagai contoh, ketika di kelas, saya melihat hampir semua mahasiswa memperhatikan seksama ketika saya menjelaskan sesuatu, respon mereka bagus dan mengikuti setiap alur slide yang saya tampilkan. Kunci slide yang baik selalu saya ingat, yaitu: sederhana dan menarik. Meski ini menjadi tantangan besar bagi saya karena banyak materi kuliah yang bentuknya teks book banget. Contoh lain, mahasiswa saya jadi ketagihan dengan cerita dan qoutes yang selalu saya berikan. Ada saja yang nyeletuk, qoutes nya pak. Terima kasih telah mengajarkan banyak hal yang memang saya inginkan dan perlukan. Sukses GPS. Sukses kita semua. Alhamdulillah, saya selalu mendapatkan inspirasi dan motivasi untuk terus belajar dan meningkatkan kapasitas, salah satunya dari teman2 di GPS dan group alumninya. Hal ini pun selalu saya tularkan ke teman2 mahasiswa saya untuk terus belajar dan belajar. Saya yang bersyukur dan makasih karena telah diberi kesempatan untuk mengenal dan sama2 belajar dengan orang2 yang selalu belajar."
Rahmat S. Hidayat
Pekerja Sosial dan Pengajar di Kota Bandung