5 Hal yang Membuat Presentasimu Disukai Audiens - Part 3
07 November 2015
1446507148577_display_39

Tips kedua dari rangkaian 5 hal yang membuat presentasimu disukai audiensi adalah tentang poin TERHIBUR.

 

Coba perhatikan acara-acara yang banyak ditampilkan di media. Hampir semuanya bersifat hiburan. Dan perhatikan acara-acara yang sukses digelar dan menarik banyak orang, hampir semuanya memiliki aspek hiburan. Sangat jarang acara sukses yang poin utamanya bukan di hiburan. Hiburan tidak melulu tentang membuat orang tertawa atau identik dengan lawak. Tapi hiburan bermakna sesuatu yang membuat orang lain terhibur dan merasa bahagia karena adanya hiburan tersebut. Tidak kaku.

 

Audiensmu ingin merasa senang saat mendapat presentasimu. Mereka ingin sepanjang mereka nonton  presentasimu mereka merasa lupa waktu (atau bahkan lupa pada permasalahan yang sedang dihadapi). Karena perasaan bahagia itu.

 

Apa sih yang membuat orang-orang senang? Salah satunya ketemu artis. Perhatikan sering acara yang bersifat serius mengundang artis sebagai pembicara pelengkap, atau minimal moderator, atau minimal MC-nya. Hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri.

 

Kalau kamu bukan artis atau bukan public figure, bukan berarti kamu tidak bisa menghibur audiens. Bukan berarti juga kamu harus capek-capek (dan mungkin mahal-mahal) memaksa panitia mengundang artis untuk menemani penampilanmu.

 

Lalu bagaimana agar poin “terhibur” ini dapat kamu penuhi guna menjaga ketertarikan audiensi? Cukup rancang agar penampilanmu diselingi candaan, sehingga secara rutin audiens tertawa. Boleh kok bercanda. Tapi tidak wajib lawak kecuali memang kamu tampil sebagai Stand Up Comedian.

 

Selain soal membuat audiensi tertawa, kamu juga harus memastikan bahwa penampilanmu enak dilihat. Perhatikan pakaian dan perawatan tubuh agar kamu dapat tampil maksimal.

 

Jika tampil dengan menggunakan slide, maka belajarlah membuat slide yang lebih menarik. Karena slide yang membosankan pun dapat membuat audiensi kabur (jika bisa), membuat mereka bosan atau tidak tertarik untuk memperhatikan.

 

Dan sekali lagi, karena ini urusan public speaking maka pastikan cara penyampaian materimu mudah dicerna oleh audiens. Seandainya kamu tidak bisa menghibur, minimal jangan sampai audiens yang hadir justru pusing karena penyampaianmu berbelit-belit dan justru membuat mereka sakit kepala sehingga berulang kali pamit untuk mencuci muka atau bahkan menyegarkan pikiran. Jangan sampai terjadi.

 

Maksimalkan kemampuan public speaking yang kamu miliki, kerahkan sesuai kebutuhan audiensi dan sebisa mungkin belajar memilih kata-kata agar audiensi terhibur baik melalui selingan canda yang diberikan maupun perkataan yang enak didengar.

 

Selamat berlatih. Nantikan tips berikutnya :)

 

***

Ditulis oleh: Taruna Perdana

Direktur Utama Ganesha Sentra Perubahan

Trainer Ganesha Public Speaking

 

Editor: Esa Puspita


 
Sukseskan
karirmu
dengan
GPSS
Sampaikan Pesan Anda
Di Sini
"“Asyik banget, Trainer Oke, Materi Mantab, Peserta Gokil, Really bring my Public Speaking skills in to the Next Level! Love it!” "
Yusi Ariani
Dokter Muda