5 Hal yang Membuat Presentasimu Disukai Audiens - Part 4
08 November 2015
1446507140828_display_40

Masih penasaran dengan 5 poin yang akan membuat presentasimu disukai audiens? Kali ini kita akan bahas poin ketiga. Bagi yang belum membaca 2 poin sebelumnya, anda dapat mengaksesnya di sini: Pembukaan, memenuhi kebutuhan audiens yakni poin 1 Mendapatkan Ilmu dan Poin 2 Terhibur.

Nah, Poin ketiga ini adalah tentang harapan audiens untuk: TERINSPIRASI.

 

Audiens ingin tergerak. Audiens ingin saat maupun setelah presentasi dari anda, maka akan muncul perasaan dalam diri mereka bahwa apa yang dipresentasikan itu dapat dipahami, dilakukan atau dapat juga menjadi berhasil, sama seperti anda. Mereka juga ingin intelektualitas mereka dipacu untuk jadi lebih baik lagi.

 

Cara paling sederhana yang biasanya saya ajarkan pada peserta training untuk memenuhi poin terinspirasi ini yaitu: Berbagilah dengan tulus pengalaman pada awalnya dulu, hingga mengalami kondisi yang jauh berbeda saat ini. Hal ini membantu memudahkan kita sebagai penyaji dan lebih terbangun Trust dari audiens serta lebih “berasa” ceritanya. Disertai kemampuan delivery konten dan story telling yang baik, hal ini tentu akan sangat membuat audiens terinspirasi.

 

Misalnya jika dia dulu pada saat menjadi petugas upacara pernah muntah di depan satu sekolah karena grogi, maka saya sangat mendorong peserta tersebut untuk menceritakan kisah tersebut. Tentu saja dalam kondisi sekarang dia sudah berani berbicara dengan lancar di depan banyak orang karena itu berarti sudah ada perkembangan kan. Dan perubahan yang luar biasa itu akan membuat audiens lebih berkesan karena berdasarkan pengalaman.

 

Sudah cukup dipahami? Segitu dulu ya. Nantikan 2 poin lagi di artikel berikutnya.

 

Ditulis oleh: Taruna Perdana

Direktur Utama Ganesha Sentra Perubahan

Trainer Ganesha Public Speaking

 

Editor: Esa Puspita


 
Sukseskan
karirmu
dengan
GPSS
Sampaikan Pesan Anda
Di Sini
"Terasa banget perkembangannya. Terasa jadi lebih percaya diri. Banyak materi penting yang mendukung kepercayaan diri saya diberikan di bimbingan ini. Apalagi cara menghilangkan rasa gugup. Dan di sini saya jadi terbiasa maju di depan orang banyak"
Rudy Miwallie Amin
Karyawan Swasta - Angkatan 2 Basic