5 Hal yang Membuat Presentasimu Disukai Audiens - Part 5
10 November 2015
1446507132321_display_41

Sudah baca tiga poin pertama berikut pembukaan yang membuat presentasimu disukai audiens? Jika sudah, pasti penasaran dengan poin berikutnya kan? Jika ternyata belum baca, kamu bisa cek di daftar berikut:

Pembukaan

Poin 1 – Mendapatkan Ilmu Baru

Poin 2 – Terhibur

Poin 3 - Terinspirasi

 

Nah, dari tiga poin yang sudah dibahas sebelumnya, apakah kamu sudah praktek? Pasti seru ya merombak presentasi kamu sendiri.

Poin keempat dari 5 hal yang membuat presentasimu disukai audiens adalah PENASARAN.

 

Jika mereka masih membicarakan apa yang telah kamu sampaikan, bahkan saat acara telah berakhir, maka itu pertanda bahwa audiensi merasa sangat puas dan senang terhadap penampilan presentasimu. Apalagi jika mereka kemudian mengajak kamu berdiskusi setelah presentasimu selesai. Terlebih jika mereka mengajak kamu untuk bertemu kembali di lain waktu di luar presentasimu, itu berarti mereka takjub luar biasa terhadap presentasi yang kamu persembahkan kepada publik tersebut.

 

Kenapa bisa audiens merasa sedemikian senang? Sebab kamu sudah berhasil menekan saklar penting di kepala mereka yang bernama PENASARAN. Jika sudah penasaran, seseorang biasanya akan mengejar hingga rasa penasarannya terpenuhi atau terjawab.

 

Jika kamu mendapatkan kesempatan waktu presentasi yang amat terbatas, menyentuh saklar nasaran ini sungguh begitu mudah. Bagaimana caranya? Kenapa begitu mudah? Karena dengan keterbatasan waktu yang kamu miliki, kamu cukup membahas beberapa poin saja dengan sangat menarik tetapi singkat dan sifatnya umum. Dengan menjelaskan beberapa poin dari sekian poin yang akan dibahas tentu saja hal ini akan membawa audiens pada rasa penasaran terhadap “kelanjutan” alias bahasan lengkap dari poin-poin lainnya.

 

Sementara jika kamu mendapat kesempatan waktu presentasi yang sangat lapang, maka menarik rasa penasaran audiens adalah dengan cara: sampaikan setiap poinnya dengan detil, jelas, gamblang dan menarik. Kemudian berikan mereka pertanyaan yang jawabannya hanya akan kamu bahas di akhir sesi acara atau di sesi berikutnya (jika dibagi ke dalam beberapa sesi pembahasan). Hal ini tentu akan menarik audiens untuk tetap memperhatikan presentasimu dan terus merasa penasaran terhadap jawabannya sekaligus antusias mendengarkan poin demi poin bahasan kamu hingga akhirnya sampai pada sesi terakhir. Sudah sampai sini, selamat sudah. Audiens yang mengikuti presentasimu fokus selama masa penyampaian.

Sederhana tapi menarik, bukan? Silakan dicoba praktek langsung ya. Sampai jumpa di artikel yang akan membahas poin terakhir.

 

Ditulis oleh: Taruna Perdana

Direktur Utama Ganesha Sentra Perubahan

Trainer Ganesha Public Speaking

 

Editor: Esa Puspita


 
Sukseskan
karirmu
dengan
GPSS
Sampaikan Pesan Anda
Di Sini
"Ilmu tidak akan bermanfaat jika tidak di aplikasikan dan dibagi dengan yang lain. Ganesha Public Speaking banyak prakteknya dan tips-tipsnya aplikatif!"
Ira Ramadhani
Karyawan Bank Daerah Jabar - Angkatan 9 Basic