5 Hal yang Membuat Presentasimu Disukai Audiens - Part 6 (Akhir)
11 November 2015
1446507123695_display_42

Apa kabar sobat Ganesha? Menunggu poin terakhir agar presentasimu disukai audiens? Yap, kami hadir kembali menyelesaikan janji untuk menceritakan poin terakhir yang ga kalah penting dari 4 poin sebelumnya yakni, SOLUSI. Setelah Mendapatkan Ilmu Baru, Terhibur, Terinspirasi, dan Penasaran.

 

Poin kelima dari 5 hal yang membuat presentasimu disukai audiens sekaligus pelengkap tips sebelumnya adalah bahwa audiens membutuhkan: SOLUSI

 

Sekarang saya ingin bertanya terlebih dahulu. kenapa kamu baca artikel ini sampai titik ini? Jawaban sederhananya adalah karena di 4 poin sebelumnya, saya selalu menyampaikan 4 hal disertai dengan solusinya.

 

Gak usah jauh-jauh deh. Perhatikan saja judul artikel ini. Kamu sendiri sedang berharap mendapatkan tips mengenai 5 solusi untuk presentasi lebih menarik kan? Karena artikel ini menjadi solusi atas permasalahan yang sedang kamu hadapi.

 

Jika solusimu sangat kuat dan aplikatif, maka audiens akan rela bertahan sampai akhir bahkan jika cara penyampaianmu membosankan dan monoton sekalipun. Tidak percaya? Coba saja. Tapi tetep ya penampilan yang menarik tentu akan lebih disukai. Ingat poin terhibur?

 

Jadi agar presentasimu menarik untuk disimak hingga akhir, pastikan bahwa kamu membahas suatu masalah yang dimiliki oleh audiensi yang ada di hadapanmu. Sekali lagi, pastikan kamu menawarkan solusi yang selama ini mereka idam-idamkan. Dengan begitu, mereka akan bertahan dalam presentasi yang kamu sampaikan kepada mereka dengan perhatian penuh.

 

Hal ini menjelaskan bahwa pada dasarnya setiap presentasi adalah solusi dari masalah si klien atau si audiens. Tinggal bagaimana mengemasnya agar dapat disampaikan dengan lebih nyaman dan auranya sangat terasa.

 

Selesai. Itu saja bahasan poin kelima. Bahasan yang kemudian dapat menjawab pertanyaan di awal artikel pembukaan. Begitu kah?

 

---

Sebagai penutupan..

Itulah yang biasanya Ganesha Public Speaking latih di kelas public speaking advanced. Kami sadar, bahwa untuk menjadi pembicara yang diinginkan oleh audiens, sekedar punya materi saja ternyata tidak cukup. Hasilnya akan jauh lebih maksimal dan berpengaruh jika tahu teknik dan cara pengaplikasian serta cara penyampaian yang tepat.

 

Jika kamu sudah terbiasa tampil dan penampilanmu seringkali gak maksimal. Isi artikel ini sudah bisa kamu latih. Tetapi jika kamu mengacungkan tangan saja masih belum berani, lebih baik melatih mental pembicara sebelum mengaplikasikan isi artikel ini.

 

Selamat berlatih. Sampai jumpa di artikel lainnya ya.


 
Sukseskan
karirmu
dengan
GPSS
Sampaikan Pesan Anda
Di Sini
"Ganesha Public Speaking seru, BERMAIN sambil BELAJAR.. SANTAI tapi SERIUS.. teorinya langsung dipraktekan saat itu juga, jadi bisa langsung minta dikomentarin sama trainernya dan ada rekaman kita latihan juga, jadi bisa keliatan perkembangan kita belajar di sana."
Yessy Lastyana
Mahasiswi