Bersyukurlah Anda Lahir di Masa Ini.
27 January 2012
Pelatihan-public-speaking-di-bandung_display_6

by: Taruna Perdana (@tarunaperdana)

Bersyukurlah Anda Lahir di Masa Ini.

Dulu…

Dulu, saat tampil Anda harus sambil ditonton oleh trainer public speaking Anda.

Dulu, segera setelah tampil Anda harus langsung bertemu dengan trainer public speaking Anda untuk segera melakukan evaluasi.

Dulu, bahkan Anda tak punya pilihan lain selain memiliki pelatih jika memang serius mau melatih kemampuan berbicara di depan umum.

Dulu, Anda tidak punya sarana pembanding penampilan Anda dari waktu ke waktu. Anda dinilai dari penampilan Anda yang terbaru.

Dulu, peralatan elektronik yang bisa menjadi alat bantu masih sangat besar, berat, mahal, hanya bisa merekam suara, tidak lengkap, atau bahkan belum ada.

 

Sekarang…

Sekarang, sebuah alat rekam audio visual sangat beragam. Anda bisa merekam penampilan Anda dengan digicam, kamera saku, bahkan hampir semua handphone dengan harga yang terjangkau, sudah memiliki kamera terintegrasi dengan fitur rekamnya. Saat Anda mau tampil, Anda bisa tinggal berkata "tolong pegangin hape saya dong, trus rekam saya pas tampil". Anda bisa simpan data tersebut dan diputar lagi. Data yang ada bisa diserahkan kepada pelatih Anda dan Anda dapat bersama-sama mengevaluasinya di lain waktu. Tak harus lagi seorang trainer ikut datang di presentasi Anda. Bahkan untuk Anda yang belum mempunyai pelatih, Anda punya pilihan untuk menonton sendiri penampilan Anda dan melakukan self-training.

Tidak hanya alat rekam audio visual, berbagai alat pendukung public speaking mulai dari yang sifatnya untuk berlatih maupun presentasi profesional sudah sangat terjangkau.

  • Audio Recorder, mulai dari yang bitrate-nya kecil dan suara agak pecah hingga yang bitrate-nya tinggi dengan suara paling mulus.
  • Microphone, mulai dari yang genggam/handheld baik dengan kabel atau nirkabel, clip-on, hingga head-on.
  • Digital Projector, yang sekarang sudah jadi peralatan presentasi paling standar.
  • Speaker, mulai dari yang berupa sound system lengkap hingga portable speaker yang praktis.
  • Desktop dan Laptop Computer, yang sudah keluar dari kategori barang mewah karena semakin banyak orang bisa memilikinya dengan harga yang semakin terjangkau.
  • Laser Pointer, yang standar sampai yang lengkap dengan berbagai fitur seperti timer.

Walau tidak punya alatnya, pasti ada teman Anda yang punya. Cuma berjarak satu hingga empat orang, pasti Anda bisa meminjam (atau menyewa dengan biaya sangat terjangkau).

Sekarang sudah tidak ada alasan untuk tidak belajar public speaking karena kendala fasilitas, ini cuma urusan kemauan dan tindakan.

Sekarang sudah tidah ada alasan buat tidak mahir presentasi, lagi-lagi ini cuma tentang latihan dan kerja keras.

Bersyukurlah Anda lahir di masa ini...


 
Sukseskan
karirmu
dengan
GPSS
Sampaikan Pesan Anda
Di Sini
"Tempatnya nyaman, trainernya berpengalaman, teman-teman juga menyenangkan. Saya lebih percaya diri dalam berbicara di depan umum dan lebih memandang diri saya sebagai pribadi yang positif."
Riana Ayu Kusumadewi
Mahasiswi S2 ITB - Angkatan 9 Basic