Denish, sukses sidang akhir tanpa REVISI karena PUBLIC SPEAKING!
11 October 2016
2016-10-07 15.21.50_display_62

Kalau ketemu alumni, kami sebagai trainer di Ganesha, selain menanyakan pertanyaan kabar yang standar biasanya kami juga bertanya: "Sudah tampil di mana aja?". Selanjutnya kami ngobrol hingga tahu seberapa rutin alumni tersebut berlatih selepas training di Ganesha.

Tapi di artikel ini, justru sebaliknya. Saya mau cerita kejadian saat saya tanpa bertanya malah dapat laporan. Secara tidak langsung sih, dari kakaknya si alumni ini.

Agustus lalu saya berkunjung ke Bekasi. Ada urusan duka. Di sana saya bertemu Risky, teman kuliah. Tak lama setelah menyatakan belasungkawa, Risky tanya: "Masih inget adek gua kan, Denish? Dia baru aja sidang lho."

Denish ini adiknya Risky, saat Risky beres S2 Denish baru masuk kuliah. Dan dulu Risky yang "menjebloskan" Denish hingga akhirnya Denish ikut kelas Basic Public Speaking. Sudah lumayan lama. 2012 dulu. Masih awal tahun 2012 dan Denish masih semester 2. Cukup flashback nya ya, yuk kembali ke Risky yang lagi cerita

"Gimana sidangnya? Lancar?"
"Alhamdulillaah, lancar. Malah dapet pujian dari dosennya"

Syukurlah Denish ini lulus cum laude. Dan uniknya adalah dia itu ga pake revisi karena presentasinya mantep. Mestinya ada lah perbaikan dikit kalo beres presentasi sidang, tapi ini dosennya saking terkesannya langsung aja meluluskan. Setelah memuji tentunya.

Setelahnya saya follow up Denish, ngobrol diwhatsapp. Ternyata ini bukan hal yang pertama kali terjadi. Di kuliah juga dia mudah untuk rutin dapat reward nilai A karena presentasinya bagus.

kalau dipikir-pikir ada 3 hal penting yang saya simpulkan dari pengalaman Denish:

1. Belajar itu paling enak saat belum butuh.
Saya jadi ingat saat Denish dulu berlatih, benar-benar santai. 
Himpunan? Belum gabung, kan masih semester 2.
Tugas presentasi? Juga belum banyak. 
Sidang skripsi? Masih lama.

Dia masih punya beberapa tahun untuk melancarkan presentasi dan melatih kemampuan public speakingnya. Jadi dia gak buru-buru. Dia masih bisa melatih kemampuan presentasinya sambil berorganisasi, gaul, jalan-jalan, atau aktivitas lain di luar kuliahnya.

Coba dia baru belajar public speaking, misalnya, 1 bulan sebelum sidang? Bisa siiiiiiih, ada juga kok alumni lain yang membuktikan. Tapi saat belajar mereka lebih dikejar deadline dan lebih tegang. Nggak sesantai Denis

2. Komunikasi itu nilai tambah
Gak diragukan lagi, Denish pasti menguasai bahan presentasi sidang tugas akhirnya. Tapi apa yang akan terjadi jika saat sidang ternyata persentasinya biasa aja? Sama aja dengan mahasiswa yang lain?
Seandainya presentasinya kaku dan banyak blank gimana? Mungkin gak Denish bisa mudah dapat A? 

Mungkin aja sih asal dosennya paham maksudnya Denish saat presentasi. Kalau enggak, ya gak mungkin.

Kamu bisa aja punya banyak ilmu hingga ide, tapi nilaimu ditentukan seberapa paham orang lain dengan isi kepalamu.

Dan kamu nggak bisa berharap mendapat nilai lebih jika cara kamu menyampaikan ide dan ilmu kamu nggak lebih baik dari yang lain.

3. Jangan meremehkan latihan rutin setelah training
Buat kamu yang alumni Ganesha: Kami memang membantu kamu bisa tampil dengan tingkat tertentu. Misalnya lulus dari kelas Basic kamu dapat pondasi yang kuat untuk tampil, dan lulus kelas Advanced kamu dapat teknik utama untuk tampil elegan dan efektif.

Tapi kamu perlu ingat bahwa: kalau kamu mau naik ke level yang luar biasa (misalnya level pembicara nasional, broadcaster, trainer, hingga figur publik) maka perjalanan berlatih ini perlu kamu lanjutkan. Mengulang kelas aja yuk kalau bisa meluangkan waktu, kamu masih ingat kan kalau alumni bisa mengulang gratis?*

Mungkin perjalanan ini memerlukan waktu tahunan, tapi bisa juga hanya dalam hitungan bulan kok. Semua bergantung pada seberapa banyak latihan yang kamu lakukan. Ayo sini kumpul lagi. Kita latihan lagi!

Untuk Denish Ariesmendi, selamat atas kelulusan dan predikat cum laude nya. Terima kasih atas kisah ini.

*Awas yee kalo bilang lupa kalo bisa ngulang gratis, apalagi kalo ga tau -_____-

Mau lancar sidang tugas akhir? Alumni bisa kok atur waktu untuk latihan sidang, asal gak dadakan ya.

Taruna Perdana - 20160915
Director of Ganesha Public Speaking
www.gpssbandung.com


 
Sukseskan
karirmu
dengan
GPSS
Sampaikan Pesan Anda
Di Sini
""Saya mempunyai rasa gugup yang berlebihan ketika presentasi, tetapi rasa itu sudah mulai berkurang ketika saya mengikuti pelatihan di Ganesha Public Speaking.”"
Ega Ismanta