Get into the Right Mindset
17 November 2015
Audiens_display_46

Masalah yang paling banyak dihadapi oleh para public speaker pemula adalah bagaimana menghadapi rasa Grogi yang dialami ketika tampil (bahkan ketika akan tampil). Apakah Anda pernah merasakan hal tersebut?

Saya pernah mengalaminya.

Jadi pernah suatu ketika saya diminta oleh panitia untuk tampil memberikan seminar di sebuah kampus di Bandung dengan tema KARIR. Wow.. dalam hati rasanya kok saya merasa belum pantas memberikan materi ini.

 

Tiba-tiba saja saya merasa grogi duluan. Lucu kan? Belum tampil saja sudah grogi -_- .

 

Saya bingung nanti tampilnya harus bagaimana, bahasa tubuhnya harus seperti apa, apa yang akan saya sampaikan dan kekhawatiran lainnya yang sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan secara berlebihan. Hanya saja pada saat itu mentor saya mengatakan begini: "Berikan Materi yang dirimu paham, atau yang pernah dilakukan. Dan yang terpenting adalah, berikan sesuatu yang BERMANFAAT bagi audiens"

 

Disitulah "AHA" Momennya.

Saya kemudian sadar bahwa ketika saya tampil berbicara di depan umum, maka yang jadi fokusnya bukan Saya sebagai pembicara tapi yang harusnya jadi fokus adalah Audiens yang akan menyimak presentasi saya. Yap, solusi menghilangkan grogi ini kemudian menjadi begitu sederhana. Jangan terlalu fokus pada diri sendiri, melainkan fokus pada Audiens Anda.

 

Seperti yang saya bilang di atas. Ketika Anda Berbicara di depan umum, maka sesungguhnya disitulah ada PELUANG untuk memberikan pesan bermanfaat yang mungkin bisa mengubah kehidupan seseorang. Hal ini bisa terjadi karena Anda memiliki pesan yang audiens butuhkan bagi perbaikan diri mereka di masa mendatang. Semacam memenuhi salah satu syarat dalam 5 Hal yang Membuat Presentasimu Disukai Audiens

Jadi, ketika Anda mengubah mindset dari sistem "Speaker Centered" menjadi "Audience Centered" dan fokus pada membina hubungan interaktif dengan audiens, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk berbicara di tiap kali Anda tampil. Dan tentu saja membantu mengurangi bahkan menghilangkan rasa grogi yang muncul.

Siap berubah menjadi pembicara yang lebih baik? Segera praktekkan. Sekarang saatnya.

 

Semoga Bermanfaat.

Panji Priambudi

Slide Consultant

Trainer Ganesha Public Speaking

Editor: Esa Puspita


 
Sukseskan
karirmu
dengan
GPSS
Sampaikan Pesan Anda
Di Sini
"“Luar biasa Dahsyat,,, gila abiis,,, pokoknya kamu-kamu harus ikut Training Public Speaking di Ganesha Public Speaking,,, Saya merasakan ada perubahan diri menjadi lebih berani, tampil PD ketika berbicara di depan umum & banyak lagi dech,,,”"
Lia Amalia