Introvert Public Speaking
04 December 2015
Introvert public speaking_display_51

Pernah mendengar istilah introvert? Dalam dunia pengembangan diri, istilah introvert biasanya dekat dengan sifat kurang peduli, penyendiri, pendiam, pemalu dan jarang sekali berbicara. Orang introvert cenderung berbicara seperlunya saja. Tidak terlalu menyukai kegiatan yang sifatnya publik dan tertutup.

Kemudian istilah ini berkembang pada bahasan, dapatkan seorang introvert berbicara di depan umum? Berpatokan pada poin berbicara seperlunya dan tidak terlalu menyukai kegiatan yang sifatnya publik, mungkin anda akan menganggap seorang introvert akan sangat sulit belajar tentang public speaking atau harus tampil di depan umum. Benarkah?

Bisa jadi benar, tapi tidak mutlak. Jika seorang introvert mau berubah, ia akan mampu menjadi pembicara yang baik bahkan di hadapan ribuan audiens. Kuncinya adalah keseriusannya untuk mengembangkan pribadi dan belajar berbicara di depan umum. Dan sifatnya yang memiliki pendirian kuat dapat memberikan kesan berwibawa tersendiri dengan penyampaian yang tepat.

Seorang alumni Ganesha Public Speaking pernah bercerita. Ia seorang mahasiswi sebuah perguruan tinggi swasta yang introvert. Pendiam dan sangat sulit diajak “rame”. Trainer di GPS, dosen, keluarga dan lingkungannya menjadi saksi perubahan pada dirinya setelah bergabung dengan Training public speaking yang diadakan oleh GPS.

Kini, alumni tersebut sudah biasa tampil. Bahkan sudah tidak aneh jika ia menjadi seorang MC di berbagai acara.

Hentikan mental block untuk terus berkembang. Setiap orang pasti bisa tampil di depan umum, mengutarakan semua informasi bermanfaat bagi dirinya dan orang lain. Hanya saja, pasti akan ada ciri khas tersendiri dalam performance setiap masing-masing kita. Dan ciri khas itulah yang tidak akan pernah bisa ditiru orang lain.

Tak peduli anda seorang ekstrovert ataupun introvert, kebutuhan anda untuk membagikan informasi dan berkomunikasi tetap ada karena ia salah satu kebutuhan dasar manusia. Anda tinggal melatih diri agar mampu tampil dengan baik dimanapun. Memperbaiki cara tampil, memperbaiki slide presentasi dan memperbaiki aspek-aspek penting dalam berbicara di khalayak ramai.

Selamat belajar. Selamat tumbuh. Selamat terus menempa diri menjadi pribadi yang lebih baik ^_^

 

Salam hangat,

Esa Puspita

Team of Ganesha Public Speaking\


 
Sukseskan
karirmu
dengan
GPSS
Sampaikan Pesan Anda
Di Sini
"“Perubahan saya terhadap cara berpakaian saya lebih powerfull dan saya lebih percaya diri dalam menampilkan presentasi di depan umum.” "
Wike Frinidya
Dokter/Ahli Kecantikan