Kamu, Public Speaker
22 November 2015
Ps_display_49

Banyak orang sering mengatakan, “saya ga jago ngomong depan umum”, “saya ga bisa public speaking”, “saya ini ga bisa tampil di depan umum”. Tahukah anda bahwa pernyataan seperti itu hanyalah sebuah pernyataan dari pembatasan diri kita? Dalam sebuah ilmu hal tersebut diberi istilah mental block.

Semua orang sejatinya mampu tampil di depan umum sedari kecil. Lihatlah bagaimana seorang anak ingin selalu orang memperhatikan dirinya. Sayangnya, lingkungan kemudian membentuk sang anak untuk menjadi pemalu, ga berani tampil, bahkan tidak berani mengutarakan pendapatnya. Bisa jadi anak juga pernah mengalami  kejadian traumatik sehingga ia enggan tampil di hadapan orang lain bahkan di hadapan keluarganya sekalipun.

Salah satu cara paling efektif untuk menghilangkan atau minimal mengurangi mental block ini adalah dengan menantang diri belajar tampil di depan umum. Berbicara tentang apapun yang bermanfaat. Karena kemampuan berbicara di depan umum dapat menjadi feedback bagi kita entah mendapatkan manfaat untuk menyebar ilmu lebih banyak (sehingga menjadi pahala ilmu jariah) ataupun meningkatkan kemampuan menjual kita sehingga dapat closing lebih banyak.

Di kelas basic Ganesha Public Speaking pada dasarnya kita belajar untuk melepas mental block tersebut sehingga kemampuan public speaking kita dapat kembali baik. Sementara di kelas advance menjadi tempat belajar lebih dalam tentang teknik-teknik meningkatkan performa tampil kita meliputi cara berpakaian, gaya presentasi dan sebagainya.

Jika anda masih ragu bahwa anda adalah seorang public speaker, coba jawab pertanyaan saya ya. Jawab dengan jujur J

Anda punya akun facebook? Suka update status ga? Berapa banyak teman di akun facebook anda? Status atau foto anda diset public atau Privateonly me”?

Jika anda menjawab bahwa anda memiliki akun facebook dengan jumlah teman lebih dari 2 orang dan status plus foto diset public (minimal dapat dilihat teman) maka itu adalah bukti pertama anda sedang berbicara di depan umum. Benar?

Apakah anda memiliki akun sosial media lainnya? Twitter, Path, Plurk? Sering berkicau disana? Jika ya, maka bisa jadi bukti kedua bahwa anda dapat berbicara di depan umum.

Apakah anda suka ngobrol di sebuah grup WhatsApp, grup LINE, status LINE, grup Telegram, status BBM atau tools chat lainnya? Anda pasti memiliki daftar teman disana bukan? Jika anda melakukan aktivitas ngobrol tersebut, bukankah itu adalah bukti ketiga bahwa anda dapat berbicara di depan umum?

Anda punya akun instagram? Berapa follower anda? Suka upload foto berikut captionnya di IG? Bukankah anda sedang berbicara tentang sesuatu pada khalayak?

Jika anda juga blogging entah itu di WordPress, Blogspot, Tumblr atau tools lainnya, selama diset untuk publish di mesin pencari maka setiap kali anda memposting sesuatu, anda sedang berbicara kepada banyak orang.

Masih bilang ga bisa ngomong depan umum? Coba dicek lagi benar atau tidak ^_^

 

salam, Esa Puspita

Tim Ganesha Public Speaking


 
Sukseskan
karirmu
dengan
GPSS
Sampaikan Pesan Anda
Di Sini
"Suasananya nyaman, pertemuannya intens dan kekeluargaan.. Ganesha Public Speaking berhasil membantu kepercayaan diri saya yang sering hilang!"
Audra Ligafinza
Mahasiswi ITB - Angkatan 9 Basic