Latihlah Kontak Mata Anda!
02 November 2015
Kontak_display_36
Masih ingat artikel sebelumnya tentang 7 tips praktis Meningkatkan Percaya Diri yang kemarin kami publish disini? Artikel tersebut berbicara tentang 7 tips sederhana untuk tampil di depan umum. Dan salah satu tips yang dibahas adalah tentang Kontak Mata.
 
Pernahkah Anda ketika mendengarkan seseorang yang sedang berbicara di depan Anda namun mereka tidak menatap mata Anda?
Apa yang Anda rasakan saat itu?
Merasa tidak dihargai, tidak merasa dekat dengan pembicara atau bahkan Anda merasa tidak diperhatikan. Betul begitu kah? Atau cuek-cuek saja seperti tidak ada masalah? :D
 
Padahal, salah satu faktor penting dalam PUBLIC SPEAKING adalah adanya kontak mata dengan para audiens Anda. 
 
Kenapa begitu penting tentang kontak mata ini?
Karena dengan adanya kontak mata dengan para audiens, mereka akan merasa dihargai oleh sang pembicara dan tentunya membuat para audiens juga merasa diperhatikan.
 
Lalu bagaimana sih kontak mata yang dimaksud? Adakah cara melatihnya? Saya tidak suka menatap mata seseorang, apakah ada tips agar tetap dapat menghargai audiens dengan kontak mata tanpa harus memandang langsung ke matanya?
 
Tips dari saya bagi Anda yg belum terbiasa langsung melakukan kontak mata adalah dengan meMULAI. Dan jika tidak terbiasa atau tidak terlalu nyaman melakukan kontak mata langsung dari mata ke mata, anda dapat melakukan kontak mata kepada audiens dengan cara melihat dahi kawan bicara Anda dan fokus pada daerah T di wajah (yakni daerah antara alis kiri dan alis kanan).
 
Biasanya ketika kita melihat daerah T ini, orang akan tetap merasa Anda tengah melakukan kontak mata dengan mereka meskipun tidak langsung bertatapan mata (eyes to eyes).
 
Tips selanjutnya adalah Disarankan untuk tidak membuang pandangan ketika Anda sedang berbicara dengan audiens. Hal ini akan melatih Anda untuk tetap menjaga kontak mata Anda dengan audiens ketika nanti tampil. Membuang pandangan seolah-olah anda seperti sedang mengekspresikan rasa tidak suka pada kawan bicara atau audiens.
 
 
Jadi, mulai sekarang lakukanlah kontak mata dengan kawan bicara atau audiens anda baik ketika anda tampil di hadapan umum maupun ketika tengah berbicara empat mata saja. Karena kedekatan yang terbangun dari kontak mata yang dilakukan, dapat meningkatkan rasa percaya kawan bicara dan audiens kepada anda sekaligus meningkatkan rasa percaya diri anda saat tampil.
 
Semoga bermanfaat.
 
Ditulis oleh:
Panji Priambudi
@AwesomePanji
Presentation Consultant
Trainer Ganesha Public Speaking.
 
Editor: Esa Puspita

 
Sukseskan
karirmu
dengan
GPSS
Sampaikan Pesan Anda
Di Sini
"Kelasnya gak cuma SERU tapi juga Penuh Manfaat banget.. nempel deh hasilnya jelas. Apalagi ada rekaman video selama saya tampil d training, ngebantu banget dlm proses pembelajaran. Ganesha Public Speaking OKE BANGET !!!"
Nurlinawati
Mahasiswa