Pengantar Belajar Public Speaking: Advanced
08 January 2012
7073_display_3

By: Taruna Perdana | @tarunaperdana

 

Tag: Public Speaking, Intro, Teknik, Advanced

 

Untuk mempermudah Anda dalam mempelajari kemampuan public speaking, kami membagi tahap berlatih ke dalam tiga level. Pembagian ini adalah: basic, advanced, mastery. Pembagian ini mempermudah Anda belajar dan berlatih public speaking lho. Pembagian ini bersifat sekuensial, alias berurutan. Dengan kata lain, saat Anda sedang berada dalam level basic, mempelajari hal-hal yang bersifat advanced justru malah berpotensi mempersulit. Ya, mempersulit Anda belajar dan berlatih, karena Anda mempelajari sesuatu yang belum siap Anda pelajari. Jadi seri artikel ini membantu Anda mengenali diri Anda sedang berada dalam level yang mana, lalu Anda bisa fokus melatih diri Anda dengan level yang sesuai. Sekarang mari kita bahas tentang level advanced.

Orang-orang yang bisa belajar langsung ke tingkat advanced adalah orang-orang yang telah melatih mental mereka. Secara mental, mereka adalah seorang public speaker. Bebas dari rasa takut dan malu saat tampil dan bisa menikmati saat-saat mereka sedang melakukan public speaking - minimal mereka merasa public speaking itu hal yang "ah, biasa aja". Anda merasa menjadi salah satunya? Baca lebih lanjut.

 

Biasanya orang-orang ini terbiasa melakukan presentasi, pidato, khotbah, memimpin rapat atau meeting. Seringkali orang-orang ini terbiasa melakukan public speaking karena memang itulah pekerjaan, posisi, dan jabatan yang mereka pegang. Orang yang sering ditunjuk jadi ketua kelompok tugas kuliah, mahasiswa terbaik di kampus, tenaga ahli di sebuah divisi perusahaan, guru dan dosen, khatib, pendeta, hingga ketua RW. Mereka terbiasa bicara di depan umum karena harus (kadang terpaksa, mau ga mau harus memberi sambutan, khotbah, dsb).

 

Sayangnya, tingginya jam terbang dalam berbicara di depan publik ini tidak menjamin penampilan yang menarik. Cukup sering saya tertidur saat mendengar khotbah jumat (bahkan tadi siang hal ini baru saja terjadi, hehe). Jika diperhatikan, seringkali khotib yang membuat saya berpindah alam (ke alam mimpi) tidak menampilkan ciri-ciri orang-orang yang grogi, minder, malu-malu, takut-takut, dan berbagai ekspresi orang-orang yang baru belajar public speaking. Jam terbang tinggi, pengalaman banyak, tidak ada rasa takut tampil. Di artikel ini saya akan sharing tentang bagaimana orang-orang ini bisa meningkatkan penampilan mereka ke level yang lebih tinggi.

 

Pada saat berada di level advanced ini, Anda adalah orang yang sudah berani presentasi, siap maju kapan saja, jam terbang sudah cukup banyak. Saat Anda melanjutkan proses berlatih public speaking ini, transformasi yang akan Anda alami adalah perubahan dari orang yang berani, tidak malu-malu lagi, dan terbiasa public speaking, menjadi seorang public speaker yang efektif.

 

Belajar di level ini bisa terbilang cepat, karena pada level ini Anda sangat siap belajar berbagai hal tentang TEKNIK. Pada level ini kami baru menyarankan untuk belajar dan mengasah teknik. Berbagai teknik public speaking yang ada akan berguna dan mempermudah penampilan Anda saat Anda punya mentalitas public speaker. Jika tidak, justru berpotensi mempersulit. Cepatnya bahkan bisa seperti ini: Anda baca sebuah teknik berbicara di depan umum, selesai baca Anda langsung dipersilakan maju dan bisa langsung menggunakan teknik yang baru Anda baca. Memang dengan cara seperti ini, pertama kali Anda menggunakan teknik ini pasti tidak akan seefektif jika Anda melatihnya terlebih dulu. Intinya, belajar teknik ini cepat.

 

Seperti pembangunan sebuah gedung, sekali lagi saya gunakan waktu konstruksi 3 tahun, setelah membangun fondasi selama 1,5 tahun sang kontraktor bisa membangun lantai di atasnya dengan cepat. Di dekat tempat tinggal saya ada pembangunan sebuah gedung apartemen. Fondasi baru selesai setelah lebih dari satu tahun, tapi saat ini kecepatan pembangunannya satu lantai tiap minggu! Pembangunan lantai dalam pembangunan gedung bertingkat banyak adalah analogi terbaik dengan melatih teknik dalam belajar public speaking.

 

Banyak sekali teknik yang bisa Anda pelajari dan segera Anda praktekkan saat mendapat kesempatan. Semuanya intinya berkisar pada hal berikut:

 

Menghadapi masalah.

Pada dasarnya, berbagai teknik yang Anda pelajari adalah solusi, yaitu solusi dari berbagai masalah dan tantangan yang Anda temui saat berbicara di depan umum. Masalah seperti grogi, kelupaan materi, kehilangan perhatian audiens, semua ada teknik untuk mengatasinya. Bahkan seringkali ada beberapa solusi untuk satu masalah, lebih dari satu teknik yang bisa Anda gunakan untuk sebuah tantangan berbicara di depan umum. Yang perlu Anda lakukan adalah menemukan teknik yang paling pas dan paling nyaman untuk Anda gunakan di situasi tersebut.

 

Memaksimalkan performance.

Tujuan menyegerakan berlatih teknik berbicara di depan umum, seperti yang kami bahas di atas, adalah meningkatkan kualitas public speaking Anda. Dari diabaikan menjadi pusat perhatian. Dari ditinggal tidur menjadi menghibur. Dari membosankan menjadi menawan. Jika Anda merasa public speaking masih hal yang biasa, dengan teknik public speaking Anda jadi luar biasa.

 

Peralatan tempur.

Bagaimana rasanya jika Anda prajurit yang maju ke medan perang hanya dibekali semangat? Bisa jadi masih berani, tapi semangat juang gampang luntur karena Anda mudah sekali gugur kan. Coba dibalik, Anda adalah prajurit yang selain dibekali semangat juga dilengkapi perbekalan memadai dan senjata paling kuat dan tepat. Bayangkan bagaimana rasanya? Anda lebih berani untuk all out karena dengan peralatan tempur ini Anda bisa lebih banyak berkontribusi dengan pengorbanan yang bisa diminimalisir. Dengan berbagai koleksi cara dan teknik yang bisa Anda pakai saat berada di balik microphone, Anda bisa lebih yakin, lebih pede, lebih semangat, dan yang pasti lebih bisa all out, mengeluarkan seluruh kemampuan Anda ketika melakukan presentasi.

 

Menaikkan level.

Ibarat gedung yang sedang bertambah lantai demi lantai, tiap kali Anda mengaplikasikan teknik yang sudah Anda tahu berarti Anda sedang menaikkan level public speaking Anda. Teknik yang sama jika terbiasa digunakan berkali-kali bisa memberikan hasil yang jauh lebih baik. Bayangkan jika semakin banyak teknik yang biasa Anda gunakan dengan tepat, seberapa tinggi kualitas dirimu sebagai public speaker? Kedengaran makin menarik kan? :)

 

Saat berlatih, fokuskan pikiran sepenuhnya pada mempraktekkan teknik-teknik yang sudah Anda ketahui. Dalam prosesnya Anda akan makin paham kapan dan bagaimana sebuah teknik bisa memberikan hasil yang maksimal. Teknik apa yang selalu berhasil untuk semua keadaan dan teknik apa yang hanya bisa digunakan pada kondisi tertentu. Berbagai alasan yang membuat sebuah teknik yang sama pada prakteknya terasa tak pernah sama. Dengan demikian Anda jadi memahami penggunaan tiap teknik.

 

Detail tentang teknik kami bahas dalam artikel dengan tag "advanced". Sekali lagi, hanya untuk orang-orang yang sudah punya atau sudah melatih mental seorang public speaker ya.

 

Image Source: http://www.freedigitalphotos.net/images/view_photog.php?photogid=1499


 
Sukseskan
karirmu
dengan
GPSS
Sampaikan Pesan Anda
Di Sini
"“Sebelumnya saya tidak mengetahui Ganesha Public Speaking, Saya belum tahu mahluk seperti apa itu Ganesha Public Speaking, tetapi setelah Saya mengikuti trainingnya sangat luar biasa dan menggugah.”"
Ari Herdyana
Karyawan Bank BCA